Sabtu, 30 Agustus 2014

Arrival Transfer( Transfer In )

Sesuai dengan peraturan perundang undangan tentang Kepariwisataan, salah satu dari tugas pokok seorang pramuwisata adalah Transfer In ( Arrival Transfer Service ).

Arrival transfer atau transfer in adalah pelayanan penjemputan yang diberikan oleh seorang pramuwisata kepada wisatawan yang baru tiba, baik Bandar udara, pelabuhan  laut maupun terminal busa atau stasiun kereta api yang selanjutnya wisatawan akan diantar ke tempat penginapan baik hote, villa dan lainnya sesuai dengan reservasi yang confirmed.

Selanjutnya di dalam perjalanan menuju tempat menginap pramuwisata akan memperkenalkan diri, sopir, dan perusahaan tempatnya bekerja serta pramuwisata wajib memberi berbagai informasi yang dibutuhkan wisatawan pada hari pertama tiba di tempat tujuan.

Beberapa informasi yang harus didengar wisatawan pada saat mereka baru tiba yaitu :
  1. Penukaran mata uang asing ( exchange rates )
  2. Cuaca atau suhu udara ( termasuk  pakaian yang digunakan pada saat tour )
  3. Perbedaan Waktu
  4. Makanan dan Minuman
  5. Informasi  penyimpana  barang  & Dokumen berharga
  6. Contact person Guide atau penanggung jawab perjalanan
Di dalam perjalanan sebelum sampai ditempat menginap jelaskan juga tentang hotel tempat mereka akan menginap lokasi ( jarak tempuh dari tempat penjemputan ke hotel ). Setelah sampai di tempat menginap pramuwisata harus membantu wisatawan pada saat melakukan registrasi ( Hotel Check In ) dengan mengisi guest registration form sesuai dengan prosedur yang berlaku di tempat wisatwan menginap. Terangkan juga besarnya deposit dan cara pembayarannya baik menggunakan uang cash maupun credit card, waktu breakfast ( breakfast menggunakan kupon ataupun tidak ), fasilitas tempat menginap seperti swimming pool, Restaurant & Bar, fitness Center, Business Center, kids club, akses Free Wifi, Shuttle bus, Spa Center, Safety Deposit box untuk meyimpan barang dan dokumen berharga serta terangkan juga benefit yang mereka dapatkan selama menginap di sana. Apabila semuanya sudah diterangkan dan tidak ada pertanyaan dari wisatawan, sebelum berpisah pramuwisata  wajib untuk menginformasikan rencana tour  atau brief itinerary selama wisatawan berada di destinasi wisata.

Beberapa hal yang peting pramuwisata perhatikan sebelum memberikan Arrival Transfer ( penjemputan ) antara lain :
  1. List Of Client/ Group
  2. Flight Detail
  3. Hotel ( Reconfirm : Guest Name, Period of stay, Room Type, Hotel Benefit etc)
  4. Meals
  5. Transport
  6. All voucher related
  7. Tour Itinerary
  8. Entrance Fee
 Semoga Bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar